Inilah Cara Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet


Inilah Cara Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet

Kemajuan teknologi memudahkan sampainya informasi kepada banyak orang. Salah satunya informasi tentang fashion, tak hanya sebatas busana saja. Fashion akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan aksesoris yang serasi. Beragam istilah dan item fashion kini banyak dibahas baik dalam acara televisi maupun di media online melalui internet.

Jam tangan merupakan aksesori dekoratif yang banyak digunakan baik pria maupun wanita. Benda ini memerlukan pembersihan atau perawatan secara khusus untuk menjaga akurasi serta keawetannya. Banyak orang terkadang hanya memakai tanpa mencari informasi tentang cara merawatnya.

Agar tampilan luar terlihat lebih halus dan tetap menarik, serta tidak terganggu dari gangguan debu atau kotoran, maka sangat perlu untuk membersihkan mesin jam agar tetap bersih. Pembersihan tersebut akan berlaku efektif jika dilakukan secara berkala. Perlu beberapa referensi untuk menjaga agar jam tangan kesayangan tetap awet. Berikut ulasannya!

Watch Case

Usap jam tangan dengan menggunakan kain bebas serat. Setelah itu gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran yang berada pada sela-sela bagian jam. Lakukan ini dengan sangat hati-hati agar tidak merusak jam. Bila jam tersebut merupakan jam yang tahan air, air hangat (bukan panas) dapat membantu untuk membersihkan dengan efektif. Jangan lupa untuk mengeringkannya setelah selesai dengan kain tanpa serat.

Crystal

Beberapa produk jam yang dikenakan di tangan memiliki lapisan Kristal anti gores. Namun, kenyatannya, tidak ada Kristal yang benar-benar tanpa cacat. Disarankan untuk menggunakan kain yang cukup lembut untuk menyimpan jam tersebut. Hal ini dilakukan agar mencegah Kristal tergores. Menyimpan jam di laci dengan aksesori lain atau benda-benda keras lain dapat menyebabkan kristal. Oleh karena itu, sebaiknya disediakan tempat khusus.

Metal Bracelets

Metal bracelets atau bracelet yang terbuat dari logam biasanya dapat dibersihkan dengan  menggunakan sikat gigi yang lembut. Hal ini untuk lebih memudahkan menghilangkan kotoran di sela-sela bracelet. Bisa juga dengan merendamnya dengan air yang hangat. Setelah selesai, keringkan jam tangan segera dengan kain lembut.

Leather Straps

Leather straps atau strap yang terbuat dari kulit sebaiknya dijaga untuk tetap kering. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran (terkadang jamur) yang menyebabkan iritasi pada kulit tangan Anda. Bila terkena air atau dalam keadaan  basah, pastikan untuk segera mengeringkannya dengan pengering rambut.

Automatics

Jam tangan bermesin otomatis memerlukan perawatan lebih daripada jenis mesin lainnya. Hal ini dikarenakan jam yang otomatis didukung oleh gerakan kinetic lengan. Dengan begitu, perlu dilakukan penyesuaian jika tidak digunakan selama beberapa hari. Kelebihan dari jam otomatis ini adalah gerakannya yang terus berputar tersebut dikalibrasi dan ini dapat mencegah pelumas pada jam menjadi lebih kental.

Jam Tahan Air

Jangan pernah merendam atau meletakkan jam yang tahan air dalam air panas atau ruangan sauna. Panas yang ekstrim dapat menyebabkan logam lebih mengembang dan mengubah ukurannya sehingga gasket karet tidak berfungsi maksimal untuk lebih menahan air. Jika jam memiliki crown sekrup down, pastikan sekrup terpasang dengan rapat untuk mencegah kemungkinan air masuk melalui sela sekrup.

Setelah berenang atau menyelam pada air asin, segera bilas jam dengan air tawar. Jika jam dilengkapi bezel putar, putarlah bezel beberapa kali untuk mencegah penumpukan garam yang dapat menyebabkan korosi pada cincin bezel.

Itulah beberapa cara merawat jam tangan sesuai dengan jenisnya. Dengan rajin memperhatikan perawatannya maka jam akan lebih awet dan nyaman dipakai.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel