Yang harus di Perhatikan di Polis Asuransi


Yang harus di Perhatikan di Polis Asuransi


Asuransi merupakan hal yang umum saat ini. Banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya memiliki asuransi untuk melindungi atau meminimalisir pengeluaran apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Asuransi bukan hanya berguna untuk melindungi diri anda sendiri, tetapi juga bisa melindungi orang yang anda cintai dan pihak keluarga. Banyak perusahaan asuransi yang juga menyediakan produk asuransi untuk anggota keluarga, mulai dari anak hingga orang tua. 

Jadi tidak mengherankan jika seseorang memiliki lebih dari jenis asuransi pada suatu perusahaan asuransi. Saat anda memutuskan untuk mendaftarkan diri pada asuransi sebuah perusahaan asuransi, anda akan disajikan dengan polis asuransi. Anda bisa mencari salah satu contoh polis asuransi jiwa pada internet, sebagai bahan acuan saja. 

Polis merupakan surat perjanjian yang berisi banyak hal, seperti hak dan kewajiban sebagai nasabah yang mendaftar asuransi. Sebagai nasabah yang hendak mendaftar pada sebuah asuransi, hendaknya membaca dengan teliti isi dari polis tersebut. Terkadang banyak orang melewatkan beberapa hal dalam polis karena banyak sekali bacaan yang disajikan. 

Namun anda tidak perlu khawatir, anda pasti akan diberi waktu yang cukup untuk membaca polis tersebut dan bisa juga bertanya apabila terdapat kalimat yang tidak dipahami. Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam polis asuransi sebelum menyetujui dan menandatangani polis asuransi tersebut. 

1. Nama dalam polis 

Meski anda sudah tahu saat mendaftarkan diri pada sebuah perusahaan asuransi maka nama anda yang akan dicantumkan dalam polis, namun ada baiknya jika anda memastikan terlebih dahulu nama yang tertera dalam polis tersebut. Pastikan nama yang tertera adalah nama anda dan nama lainnya yang anda cantumkan dalam polis. 

2. Pastikan nama tertanggung dan penerima asuransi 

Banyak orang yang melewatkan bagian tersebut karena dianggap hal sepele. Namun hal tersebut sebenarnya sama pentingnya dengan hal lain yang harus diperhatikan dalam polis. Pastikan nama tertanggung yang ada dalam polis adalah nama anda. Apabila anda mendaftarkan diri pada asuransi yang bisa di klaim oleh orang lain, pastikan nama tersebut masuk dalam polis yang akan disetujui oleh anda. 

3. Hak dan kewajiban tertanggung 

Hak dan kewajiban sebagai nasabah juga penting untuk diperhatikan sebelum menandatangani polis asuransi tersebut. Pastikan anda membaca apa yang menjadi hak dan kewajiban anda sebagai nasabah. Terkadang banyak nasabah yang melewatkan hal tersebut lantaran banyak sekali hak dan kewajiban yang harus dilakoni oleh nasabah. 

4. Ketentuan jumlah premi 

Premi merupakan biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh tertanggung setiap bulannya. Sebelum anda mendaftar dalam sebuah asuransi, pastikan biaya premi yang harus dikeluarkan oleh anda sesuai dengan kemampuan finansial anda. Oleh karena itu, pada setiap perusahaan asuransi pasti menyediakan layanan untuk pelanggan yang akan mendaftar asuransi namun masih bingung dan ragu hendak memilih jenis asuransi yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai hal tersebut. 

5. Manfaat perlindungan asuransi 

Dalam polis juga tertera manfaat perlindungan asuransi yang anda ikuti. Manfaat perlindungan asuransi meliputi aspek besarnya uang pertanggungan yang akan diterima, waktu pertanggungan, jatah kamar rawat inap apabila asuransi yang diambil adalah asuransi kesehatan, manfaat dari asuransi tambahan, serta cara melakukan klaim asuransi jika terjadi proses pembatalan polis atau yang tertanggung mengalami kejadian yang tidak diinginkan. 

6. Potongan biaya asuransi 

Pada sebuah asuransi tentunya terdapat potongan biaya yang bisa mengurangi manfaat dari perlindungan asuransi. Dalam polis, semua hal tersebut disebutkan. Oleh karena itu, anda harus benar-benar membacanya dengan teliti. Potongan biaya dapat menyangkut biaya pemeilharaan, biaya pertanggungan dasar, biaya administrasi bulanan, hingga biaya pengolahan dana pertahun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel