Tempat Paling Efektif untuk Meletakkan CCTV di Rumah

Tempat Paling Efektif untuk Meletakkan CCTV di Rumah


Berencana untuk pasang IP Camera rumah? Sebelum beli, pastikan dulu Anda sudah melakukan riset tentang jenis dan fitur-fitur CCTV yang banyak tersedia di pasaran. Yang paling penting ialah memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Selain itu, ketahui juga di mana letak yang paling efektif untuk memasangnya. Meskipun terkesan sepele, memasang CCTV di tempat yang efektif akan membantu Anda mengawasi rumah dengan lebih optimal.

So, kira-kira di mana ya tempat yang paling tepat untuk memasang CCTV di rumah? Langsung cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

1. Halaman Rumah

Pasti Anda sudah tidak heran lagi kalau halaman rumah menjadi tempat paling efektif untuk memasang CCTV. Namun, ketahui juga di mana titik pada halaman rumah yang paling tepat untuk meletakkan kamera pengawas Anda. Pastikan letak CCTV dapat menjangkau hingga bagian depan pagar rumah juga. Tujuannya supaya area jangkauan Anda—melalui CCTV—bisa meluas. Ingatlah jika tujuan Anda memasang CCTV di halaman rumah adalah untuk memonitor kejadian yang terjadi di sekitaran rumah Anda; baik itu sekadar lalu lalang kendaraan atau orang yang ingin bertamu.

2. Area Belakang Rumah

Bukan hanya di depan rumah, CCTV juga perlu dipasang di area belakang rumah, lho. Kenapa? Alasannya adalah karena banyak kejadian kriminalitas yang bisa terjadi akibat pelaku berhasil menyelundup lewat pintu atau jendela belakang. Memang tidak perlu khawatir berlebihan, tapi tak ada salahnya untuk waspada, bukan? Pastikan Anda memasang CCTV di sekitar jendela atau pintu belakang rumah untuk menjaga rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Garasi

Jika rumah Anda memilki garasi, maka wajib hukumnya untuk memasang CCTV. Tak jarang penyusup masuk ke rumah untuk mencuri kendaraan. Oleh karena itu, pastikan Anda memasang CCTV di garasi pada bagian yang tepat. Yakni di titik yang tidak terlihat jelas oleh orang lain. CCTV ini akan memudahkan Anda untuk mengawasi kendaraan di garasi.

4. Dapur

Mungkin Anda bertanya-tanya, untuk apa memasang CCTV di dapur? Jangan salah, CCTV digunakan bukan hanya untuk memantau kegiatan yang mencurigakan saja, tapi juga untuk mencegah hal-hal yang berbahaya. Misalnya saja yang berkaitan dengan api atau air. Kita tahu bersama jika dapur merupakan tempat yang memiliki risiko cukup tinggi untuk menimbulkan bahaya seperti itu. Banyak orang yang lupa dan lalai meninggalkan rumahnya dengan keadaan kompor menyala atau mungkin lupa mematikan air keran yang ada di bak cuci piring. Dengan memasang CCTV di sini, Anda bisa memantau dapur dari jarak jauh dan dapat bergegas jika memang lupa mematikan kompor atau air.

5. Kamar anak

Buat Anda yang sedang punya anak, terutama bayi, jangan lupa untuk memasang CCTV di kamarnya juga. Sebab anak yang masih berusia di bawah lima tahun masih perlu pengawasan ekstra saat berada sendirian di kamar, misalnya ketika tidur. Dengan memasang CCTV di kamarnya, Anda bisa langsung melakukan tindakan ketika ia menangis atau berubah posisi tidur yang mungkin bisa membahayakan.

Itu dia posisi-posisi paling tepat untuk meletakkan CCTV di rumah. Semoga membantu ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel