Trik Menjaga Kesehatan Mental dengan Cara Sederhana

Kesehatan Mental
 
Tak hanya kesehatan jasmani saja yang harus Anda jaga, tetapi juga kesehatan mental. Pasalnya, jika tidak ditangani dengan baik, kesehatan mental bisa berdampak pula pada kesehatan jasmani Anda. Memang sih, jika terjadi sesuatu pada tubuh Anda, asuransi kesehatan syariah yang dimiliki bisa membantu untuk mengatasinya. Hanya saja, Anda tentunya pernah dengar pepatah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Nah, untuk Anda yang ingin mulai menjaga kesehatan mental, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba, yakni:

1. Mengatakan Hal-hal Positif pada Diri Sendiri

Cara berpikir Anda terhadap diri sendiri ternyata membawa pengaruh positif pada kondisi kejiwaan Anda. Jika Anda memandang hidup Anda dengan cara yang negatif, maka efeknya pun akan menjadi negatif. Untuk itu, gunakanlah kata-kata positif pada diri sendiri agar efeknya pun positif.

2. Menuliskan Hal-hal yang Harus Anda Syukuri

Rasa syukur membuat Anda lebih mudah dalam menghadapi masalah serta lebih legowo dalam menerima keadaan. Menjalani hidup dengan rasa syukur akan membuat Anda lebih bahagia dan bisa meningkatkan kualitas kesehatan mental Anda. Untuk itu, jangan lupa tingkatkan rasa syukur Anda dengan membuat jurnal dan tuliskan hal yang Anda syukuri itu setiap hari.

Renungkan juga rasa terima kasih Anda dan nikmati rasa syukur tersebut dengan perasaan gembira.

3. Fokus pada Satu Hal dan Satu Waktu

Fokuslah pada hal-hal yang mampu melepaskan segala emosi negatif atau pengalaman masa lalu yang sulit dihilangkan. Beri perhatian pada suara, sensasi secara fisik, bau, atau bahkan rasa dari sebuah pengalaman yang akan membantu Anda menjadi lebih fokus.

Pada saat pikiran Anda terbang melayang dan tidak fokus, maka Anda akan mengalami overthinking yang tidak jelas.

4. Miliki Sikap Terbuka pada Seseorang

Merasa dihargai oleh seseorang akan menjadi hal yang penting dan membantu Anda untuk selalu berpikir positif. Maka belajarlah untuk selalu bersikap terbuka pada seseorang, untuk membantu Anda mengenal diri Anda sendiri.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menjaga kesehatan mental. Silakan diterapkan dan semoga bisa bermanfaat untuk keseharian Anda, ya!

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel