Mau Membersihkan Filter AC Sendiri? Simak Hal-Hal Ini Dulu, Yuk!

Membersihkan Filter AC

Udara yang panas barangkali mendorong Anda untuk selalu menyalakan AC setiap berada di dalam ruangan. Baik itu AC yang ada di dinding, standing AC unit yang ada di pojok ruangan, maupun AC untuk gedung rasanya ingin dinyalakan terus! Namun, jangan lupa untuk merawat serta membersihkan AC, terutama filternya, ya. Sebab, keadaan komponen ini akan menentukan kualitas udara yang akan dialirkan ke dalam ruangan. Nah, berikut adalah ulasan tentang kapan waktu terbaik serta bagaimana cara membersihkan filter AC: 
 
Kapan filter AC perlu dibersihkan secara rutin? 
 
Bila tidak dirawat secara berkala dan saksama, filter AC dapat menjadi sarang kuman dan debu. Kotoran dan kuman tersebut kemudian dapat disebarkan kembali ke seluruh ruangan hingga masuk melalui indra penciuman. Jika udara kotor ini terhirup Anda ketika imun Anda sedang lemah, penyakit seperti batuk kronis, hidung tersumbat, mengi, sampai iritasi mata mungkin tak dapat Anda hindari.

Selain itu, debu yang dibiarkan terus-menerus menumpuk pada filter AC ini juga dapat membuat beban kerja AC menjadi semakin berat. Akibatnya, AC tidak dapat bekerja dengan maksimal dan dapat meningkatkan daya listrik yang dipakai. Maka dari itu, idealnya filter AC dibersihkan setidaknya sebulan sekali. Namun, bila filter AC dirasa sudah dipenuhi debu dalam kurun waktu kurang dari sebulan, silahkan segera lakukan pembersihan.

Bagaimana cara tepat untuk membersihkan filter AC?

Sebelum membersihkan filter AC, pastikan pendingin udara berada dalam keadaan mati. Kemudian, siapkan alat-alat pembersih berupa sikat gigi bekas, kemoceng, mesin penyedot debu, lap, cairan pembersih, obeng, dan air seperlunya. Langkah-langkah membersihkannya seperti berikut:  

1. Buka penutup atau casing AC menggunakan obeng secara perlahan. Ketika sudah terbuka, filter AC sudah dapat terlihat. 

2. Ceklah bagian filter, pastikan bila tidak ada kerusakan. Bila filter AC sobek, buanglah dan ganti dengan filter yang baru. 

3. Jika tidak ada kerusakan, maka filter dapat Anda bersihkan dari debu yang menumpuk dengan menggunakan sikat gigi bekas, kuas, lap yang basah, atau alat penyedot debu. 

4. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melepas filter dan merendamnya dalam larutan pencuci khusus untuk membunuh spora jamur dan berbagai kuman lainnya. 

5. Sambil menunggu filter yang direndam, gosok filter dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya dari kotoran-kotoran yang menempel. 

6. Pasang filter ke tempat semula bila dirasa sudah bersih dan kering. Pastikan semua komponennya sudah terpasangan kembali dengan baik. 

7. Setelah semua bagian terpasang, Anda dapat membersihkan casingnya dengan menggunakan lap bersih.

Nah, demikianlah informasi soal kapan waktu serta tahapan membersihkan  filter AC. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Belum ada Komentar untuk "Mau Membersihkan Filter AC Sendiri? Simak Hal-Hal Ini Dulu, Yuk!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel